I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, July 18, 2016

Azab Bagi Orang Yang Enggan Berzakat

Hai kawan-kawan ku semua :) bagaimana kabar kwan ?? Pastinya sehat dong !!, sebelum nya saya mau Minal Aidhzin Wal Fa Idhzin ke kawan karena kita seudah menyelesaikan Ibadah Berpuasa, liburan kawan ku semua pada liburan kemana aj nih ?, hehe

Ok sekarang saya akan memberikan yah seperti biasa Ceramah 7 Menit untuk merperdalam Islam kawan ku semuanya, sekarang saya akan menjelaskan ceramah 7 menit yang berjudul "Azab Bagi Orang Yang Enggan Berzakat", apakah kawan pernah berbuat zakat ?? hehe rahasia yah kawan. Saya harap kawan semua berzakat, mengapa saya bercerita tentang hubungannya dengan zakat ?, karena kita kan sebagai manusia yang menganut Agama Islam baru selesai melaksanakan Ibadah Berpuasa...
Selamat Membaca Kawan... :)







“ AZAB BAGI ORANG YANG ENGGAN BERZAKAT “

            Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....
            Yang saya muliakan dan saya taati para alim ulama, para pejabat pemerintah baik sipil maupun militer, para ustadz dan ustadzah, para bapak/ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan.
            Mengawali pertemuan kita melalui ceramah 7 menit kali ini, pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah. Tuhan sarwa sekalian alam. Shalawat dan salam, semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. Sebab beliau kita dapat mengetahui yang hak dan yang batil, yang halal dan yang haram, antara jalan menuju ke surga dan jalan menuju ke neraka.
            Adapun mengenai siksa bagi orang yang enggan mengeluarkan zakat dari hartanya yang telah mencapai batas tertentu menurut ketetapan syari’at (nishab) dapat kita ketahui dari keterangan firman Allah swt. Yang artinya :”Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka : Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakan sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”
( QS. At-Taubah : 34-35 ).
            Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada malam Nabi saw. Diisra’kan, beliau melewati (menjumpai) suatu kaum di bagian belakang dan depan mereka terdapat banyak tambalan-tambalan. Mereka di gembalakan sebagaimana binatang di suatu tempat yang tumbuhannya adalah pohon dhari’ (pohon berduri) dan zaqqum (kedua pohon itu adalah makanan penghuni neraka) dan bara neraka Jahannam. Beliau bertanya :”Siapakah mereka itu, wahai Jibril ??” Jibril menjawab :”Mereka adalah orang-orang yang tidak menunaikan zakat harta bendanya. Allah tidak menganiaya mereka dan tidaklah Allah berlaku zalim terhadap hamba-hamba-Nya.”
            Dalam hadis lain disebutkan bahwa Nabi saw. Bersabda :”Orang yang membangkak, tidak mau mengeluarkan zakat dalam pandangan Allah, seperti kedudukan orang Yahudi dan Nasrani. Orang yang membangkang sepersepuluh dalam pandangan Allah sama seperti kedudukan orang Majusi. Sedangkan orang-orang yang membangkang dari mengeluarkan zakat dan sepersepuluh dari hartanya, mereka adalah orang-orang yang dilaknat melalui lisan para malaikat, dan para nabi, serta tidak diterima syahadatnya.” Beliau bersabda :”Beruntunglah orang yang manunaikan zakat dan sepersepuluh. Dan sungguh sangat beruntung orang yang tidak tersiksa karena zakat kelak pada hari kiamat. Barangsiapa yang menunaikan zakat dari hartanya, maka Allah akan membebaskan siksa kubur darinya dan Allah mengharamkan dagingnya di makan api neraka, serta Ia mewajibkan baginya masuk surga tanpa hisab dan dia tidak akan merasakan kehausan pada hari kiamat.”
            Rasulullah saw, bersabda :”Pada hari kiamat orang-orang kaya mendapatkan kecelakaan besar, karena mereka telah mengeksploitasi hak-hak orang-orang kafir. Orang-orang fakir mengatakan, sesungguhnya mereka telah menzalimi hak-hak kami yang telah diwajibkan atas mereka. Lalu Allah swt. Berfirman :’Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, aku akan mendekatkan kalian (orang-orang fakir) pada-Ku, dan menjauhkan mereka dari-Ku.’ Kemudian Rasulullah saw. Membaca firman Allah swt :”Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta).”
( QS. Al-Ma’arij : 23-24 ).
            Akhirnya, marilah kita simak pula firman Allah swt yang artinya :
 “ Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu, akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat.”
( QS. Ali Imran : 180 ).
            Mengakhiri ceramah 7 menit dalam kesempatan yang mulia ini, marilah kita berdo’a semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia serta petunjuk-Nya kepada kita, sehingga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa yang memperoleh keberuntungan besar, utamanya kelak diakhirat. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas kesalahan dan kurang lebihnya.
Hadanallah waiyyakum ajma’in, was salamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....

Gimana Kawan-kawan semua menarik bukan isi ceramahnya, jika kawan ingin benar-benar memperdalam Agama Islam, Ayo kawan bisa membaca ceramah di www.ceramah7menit.blogspot.co.id semoga ceramah yang saya sampaikan bermanfaat buat kawan ku semua di kesehariannya, Jangan lupa like and comment ok kawan, Salam Sukses buat para Blogger Indonesia
Terima Kasih,

No comments:

Post a Comment