I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, May 12, 2016

Hak-hak Terhadap Sesama Manusia



Hai kawan-kawan bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menyampaikan kepada kawan ku semua ceramah 7 menit yang berjudul"Hak-hak Terhadap Sesama Manusia"... Apa kawan ku semua mengerti apa hak dan kebersamaan ??... Jika kawan ingin mengetahui nya, ayo baca artikel di bawah ini kawan !
Selamat Membaca Kawan.. :) :)


“ HAK-HAK TERHADAP SESAMA MANUSIA “

            Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh...
            Yang terhormat bapak....., para ustadz dan ustadzah, para bapak/ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan.
            Mengawali jumpa kita melalui ceramah tujuh menit kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nyah kepada kita, sehingga kita bisa bertemu muka dan berkumpul di tempat ini tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam, semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. Yang begitu besar cinta dan keinginannya kepada umatnya agar selamat dari siksa neraka.
            Sebagaimana dijelaskan di dalam hadis Nabi saw. Dan perkataan para sahabat (atsar), bahwa hak-hak sesama hamba Allah swt itu ialah : Ucapkan salam pada hamba, bila kamu bertemu dengannya; Perkenankan (sambutlah) panggilannya, bila ia memanggil (mengundang) kamu; Do’akanlah dengan mengucapkan yarhamukallah, bila ia bersin; Kunjungilah (jenguklah) bila ia sakit; Saksikanlah jenazahnya, bila ia meninggal dunia; Perbaikilah sumpahnya bila ia bersumpah merugikan kamu; Berilah nasehat, bila ia meminta nasehat; Jagalah privasinya, bila ia tidak berada di sisi mu; Cintailah ia, sebagaimana kamu mencintai diri sendiri; Hendaklah kamu tidak menyukai terjadinya sesuatu padanya, bila kamu membenci (tidak suka) sesuatu itu terjadi pada dirimu.
            Anas r.a. meriwayatkan dari Nabi saw., sesungguhnya beliau bersabda : “Di antara hak orang-orang Islam terhadap kamu ada empat, yaitu : Hendaklah kamu membantu mereka yang berbuat baik; Hendaklah kamu memohonkan ampun mereka yang berbuat dosa; Hendaklah kamu memanggil mereka bila mereka berpaling darimu; Hendaklah kamu mencintai mereka yang bertobat.”
            Di samping hal tersebut, diantara hak-hak sesama muslim, ialah :
            Pertama : Hendaklah seseorang mencintai orang yang beriman, sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri dan membenci sesuatu yang tidak disukainya terjadi padanya, sebagaimana kebenciannya bila sesuatu itu terjadi pada dirinya sendiri.
            Nu’man bin Basyir berkata, aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “Perumpamaan orang-orang yang beriman, di dalam saling mengasihi dan menyayangi diantara mereka, bagaikan satu tubuh, ketika salah satu anggota tubuhnya ada yang sakit, anggota-anggota tubuh yang lainnya menjadi terdorong ikut merasakan sakit dan terjaga.”
            Abu Musa meriwayatkan, dari Nabi saw., beliau bersabda : “Orang mukmin terhadap orang mukmin yang lain, bagaikan satu bangunan yang saling kuat menguatkan satu sama lain.”
            Kedua : Hendaklah seseorang tidak menyakiti orang-orang Islam, baik dengan perbuatan maupun dengan perkataan. Nabi Muhammad saw. Bersabda yang artinya : “Orang muslim, ialah orang yang dapat membuat kaum muslim merasa aman dari lidah dan tangannya.”
            Nabi saw. Bersabda : “Tahukah kamu, siapakah orang Islam itu ??...Mereka menjawab:”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau bersabda : “Orang Islam itu ialah orang yang dapat membuat orang-orang Islam merasa selamat dari gangguan lidah dan tangannya.”Mereka bertanya, lalu siapakah orang yang beriman itu??”Beliau bersabda : “Yaitu, orang yang dapat membuat aman orang-orang mukmin baik jiwa maupun harta mereka.:Mereka bertanya lagi:”Siapakah orang yang berhijrah itu??”Beliau bersabda: “Orang yang berhijrah dari kejahatan lalu menjauhinya.”
            Nabi saw.bersabda : “Tidak halal bagi orang Islam, mengisyaratkan pandangan yang menyakitkan bagi saudaranya sesama muslim.” Nabi saw. Bersabda : “Tidak halal bagi orang Islam mengejutkan orang Islam dengan keterkejutan yang tidak baik.”
            Ketiga : Hendaklah kamu tidak mendiamkan (tidak mau menyapa) orang yang dikenalnya melebihi tiga hari, sekalipun kamu membencinya. Abu Ayyub Al-Anshari berkata, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda : “Tidak halal bagi seorang muslim, memutus (hubungan dan tidak menegur sapa) saudaranya (sesama agama) lebih dari tiga hari, ketika antara keduanya bertemu dia berpaling dan yang satu pun berpaling. Orang yang terbaik diantara keduanya ialah yang memulai mengucapkan salam (menyapa).”
            Keempat : Tidak mengintai atau berusaha mendengarkan rahasia (nguping) sebagian atas sebagian yang lain, dan tidak pula menyebar luaskan apa yang di dengarnya dari sebagian kepada sebagian yang lain. Nabi saw. Bersabda : “Tidak akan masuk surga tukang adu domba atau pemfitnah.”
            Kelima : Hendaklah kamu bersikap tawadhu’, dan tidak sombong terhadap setiap orang Islam. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.
            Diriwayatkan dari Abu Aufa, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersikap tawadhu’ kepada setiap orang Islam. Beliau tidak menghina dan tidak pula sombong serta tidak merasa malu berjalan dengan janda dan orang-orang miskin, sehingga beliau dapat menyampaikan keperluannya dan mereka pun merasa puas.”
            Nabi saw. Bersabda : “Sesungguhnya Allah swt, memberikan wahyu kepadaku hendaklah kamu bersikap tawadhu’, sehingga seseorang tidak merasa sombong atas orang lain. Kemudian bila seseorang bersikap sombong pada yang lain hendaklah ia bersabar.”
            Mengakhiri ceramah tujuh menit dalam kesempatan yang mulia ini, marilah kita berdo’a semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia serta petunjuk-Nya kepada kita. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas kesalahan dan kurang lebihnya. Hadanallah waiyyakum ajma’in, wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh...

Gimana kawan  artikel nyah menarik bukan, ayo kunjungi artikel yang berada di blog ceramah7menit.blogspot.com, semoga bermanfaat untuk kawan ku semua dalam kehidupan sehari-hari
jangan lupa like dan follow saya yah kawan, salam sukses blogger... 

No comments:

Post a Comment