I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, May 18, 2016

Menjaga Amanah

Hai kawan-kawan ku semua gimana kabar kawan ku semua, pasti baik dong. Ok kali ini saya akan memberikan kawan semua ceramah 7 menit yang berjudul "Menjaga Amanah", Apakah kawan ku semua pernah ada yang di beri amanah ?? pastinya pernah kan, jika kawan ingin mengetahui lebih jelas bagaimana cara menjaga amanah tersebut. Kawan-kawan baca ceramah di bawah ini hingga selesai...
Selamat Membaca Kawan...:) :)




“ MENJAGA AMANAT “

            Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....
            Kepada yang terhormat para alim ulama, para ustadz dan ustadzah, para bapak/ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan.
            Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah, Tuhan sarwa sekalian alam. Shalawat dan salam, semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. Sebab tersebab beliau, kita yang telah ada di bibir jurang neraka dapat terselamatkan daripadanya.
            Sebagai orang yang beriman, kita berkewajiban menjaga dan memelihara amanat dengan sebaik-baiknya. Menjaga amanat merupakan sifat para malaikat muqarrabin, para nabi dan rasul, serta menjadi ciri khas orang-orang yang baik dan bertakwa.
Allah swt berfirman yang artinya :
“ Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.”
( QS. An-Nisa’ : 58 ).
            Menurut para ahli tafsir ayat tersebut mengandung banyak hal dari pokok-pokok syari’at agama. Ayat tersebut bersifat umum mengenai seluruh orang mukallaf baik yang menjabat sebagai penguasa maupun yang tidak. Adalah kewajiban bagi penguasa untuk melakukan pembelaan dan berlaku adil terhadap orang yang teraniaya dan menjelaskan hak-haknya, yang demikian itu adalah amanat. Menjaga harta kaum muslimin, terutama harta anak yatim. Para ulama, berkewajiban mengajarkan hukum-hukum agama kepada manusia secara umum, ini juga merupakan amanat yang harus dijaga oleh mereka dan menjadi prioritas utama yang harus ditunaikannya. Orang tua berkewajiban menjaga anaknya dengan memberikan pendidikan sebaik-baiknya, ini adalah amanat baginya.
Nabi saw bersabda yang artinya :
“ Tidaklah ada iman bagi orang yang tidak dapat dipercayai terhadap amanat yang diembannya, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak dapat menepati janjinya.”
Rasulullah saw juga bersabda : “Setiap orang dari kalian semua adalah sebagai seorang pemimpin, dan setiap orang dari kalian semua akan dimintai pertanggungjawaban atas kepimimpinannya.
            Di dalam kitab zahrur Riyadh diterangkan, bahwa pada hari kiamat kelak, setiap orang akan di datangkan di hadapan Allah swt. Kemudian Allah swt berfirman : “Apakah kamu telah menyampaikan amanat di Fulan ??” Dia menjawab : “Tidak, ya Tuhanku.” Maka Allah memerintahkan kepada seorang malaikat, memegang tangannya dan melemparkannya ke neraka Jahannam. Maka ia turun hendak mengambil amanat itu selama tujuh puluh tahun, sehingga ia samapai ke dalam jurang itu. Kemudian ia naik kembali dengan membawa amanat itu. Sesampainya di atas, kakinya terpeleset sehingga ia jatuh ke dalam lagi dengan membawa amanat itu, ia naik lagi dan jatuh lagi, begitu seterusnya, hingga belas kasih Tuhan berkenan menghampirinya, melalui syafa’at seorang Nabi terpilih, Muhammad saw. Sampai akhirnya si pemilik amanat tersebut merelakannya.
            Beliau juga bersabda : “Sampaikan amanat kepada orang yang mempercayakannya kepadamu, dan janganlah kamu menghianati orang yang telah menghianatimu.”
            Rasulullah saw juga bersabda : “Umatku akan senantiasa dalam kebaikan, selama tidak memandang amanat sebagai keuntungan dan sedekah sebagai kerugian.”
            Demikianlah, Materi ceramah 7 menit yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga kita benar-benar menjadi muslim yang senantiasa memelihara dan menjaga amanat yang sebaik-baiknya. Akhirnya, terima atas atas perhatiannya dan mohon maaf atas kesalahan dan kurang lebihnya.
Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariq, tsummas salamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....

Gimana kawan isi ceramah nyh, apakah kawan sekarang sudah mengerti ? insya allah mengerti yah kawan... Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan ku semua, dan tentu nya menjadi contoh untuk kehidupan kawan ke depannya.. Salam Sukses kawan.
Terima Kasih, 

No comments:

Post a Comment